Inspirasi Menata Interior Meja Perapian untuk Menyambut Lebaran



Hari Raya Idulfitri atau lebaran sering kali dijadikan momen oleh para ibu rumah tangga untuk membereskan dan menata ulang rumah, hal ini dilakukan agar rumah terlihat lebih rapi dan nyaman saat menyambut keluarga ataupun tamu yang berkunjung. Terkadang, para ibu rumah tangga suka membeli interior baru untuk mendesain ulang isi rumahnya. Meja atau rak perapian merupakan salah satu interior rumah yang bisa dijadikan pilihan untuk mempercantik ruang tamu ataupun ruang keluarga.

Meja atau rak perapian ini sering kali kita lihat dijadikan sebagai salah satu interior dalam sebuah konten oleh beberapa influncer, baik luar maupun dalam negeri. Meja perapian ini berfungsi untuk mempercantik background sebuah konten, baik itu untuk konten review barang, ootd, hingga berjualan.

Selain untuk kebutuhan konten, rak perapian ini juga sangat cantik jika dijadikan sebagai interior rumah untuk menyambut lebaran. Warna basic dari meja atau rak perapian sendiri pada umumnya putih. Jadi tidak terlalu sulit untuk menghiasnya. Kalian dapat menghias rak perapian sesuka hati sesuai dengan tema yang diinginkan.

Nah, buat kalian yang ingin mencoba untuk menata ulang ruangan dengan meja perapian, aku punya beberapa saran barang-barang apa saja yang bisa kalian tata pada meja perapian.

Lampu Lipit Korea

Lampu lipit korea merupakan salah satu item yang cocok untuk ditata pada meja perapian. Bahannya terdiri dari kayu solid sebagai badan lampu, kap lampu lipit yang terbuat dari kain sebagai pelindung lampu, serta lampu LED sebagai sumber cahaya.

Lampu ini memberikan kesan estetik karena bahan dan warna dari lampu yang terkesan minimalis, yakni perpaduan warna putih dan kayu. Ukuran lampu umumnya jika sudah dirakit sekitar 12 x 27 cm untuk masing-masing lebar dan tingginya. Namun, ada juga yang berukuran yang lebih besar.

Lampu ini tersedia dalam beberapa fitur, ada yang dinyalakan menggunakan USB charging biasa, yang hanya ada tombol on dan off. Ada juga yang bisa diatur kecerahannya. Selain itu, ada juga yang menggunakan remote control untuk menyalakan dan mematikannya, sehingga lebih mudah bagi kita jika ingin mengontrol dalam jarak jauh.

Dummy Book

Dummy book atau buku palsu kerap digunakan sebagai dekorasi untuk meja. Buku palsu ini menyerupai bentuk buku asli, tetapi tidak memiliki lembar halaman, hanya terbuat dari kotak biasa yang pada bagian tengahnya terdapat ruang kosong serta di desain dengan cover menyerupai buku asli.

Dummy book berfungsi sebagai pajangan untuk menambah kesan estetik pada meja. Namun, ada juga bentuk dummy book yang multifungsi. Dummy book ini dapat dibuka seperti buku, kemudian pada bagian tengah yang kosong dapat diisi barang yang muat dengan ukuran bukunya. Dummy book jenis ini tidak hanya digunakan sebagai pajangan, tetapi juga sebagai tempat penyimpanan.

Aroma Terapi/ Reed Diffuser Stick


Aroma terapi atau reed diffuser stick dapat menjadi salah satu pilihan cocok untuk ditata pada meja perapian. Reed diffuser stick ini berfungsi sebagai pengharum ruangan, serta sebagai aroma terapi untuk kita yang menciumnya, sehingga memberikan efek relaksasi pada tubuh dan pikiran.

Reed diffuser stick ini dipercantik dengan hiasan bunga palsu sehingga dapat menjadi pajangan estetik meskipun oil dari aroma terapinya sudah habis. Reed diffuser stick tersedia dalam berbagai macam aroma, seperti: lavender, rose, jasmine, green tea, lemon, dan masih banyak lagi. Reed diffuser stick sangat mudah ditata pada meja perapian serta lebih praktis karena tanpa menggunakan listrik.

Kotak Tisu

Kotak tisu sepertinya sudah menjadi barang essensial yang ditaruh di atas meja, seperti meja tamu, meja makan, meja dapur, meja kantor serta juga sangat cocok untuk ditata pada meja perapian.

Terlebih kotak tisu yang memiliki desain estetik simple dan minimalis dengan warna putih kombinasi kayu. Kotak tisu estetik ini menjadi multifungsi selain sebagai penyimpan tisu, juga terdapat slot khusus untuk menaruh smarthphone. Dimensi ukurannya sekitar 21 x 12 x 9,5 cm.

Bubble Cube Candle Korea

Bagi kalian penyuka hiasan estetik ala korea, lilin hias bubble menjadi pilihan yang tepat untuk d tata pada meja perapian, karena dapat memberikan kesan estetik minimalis ala korea. Tersedia dalam berbagai warna, ada pink, kuning, biru dan putih. Jika kalian penyuka desain minimalis, maka lilin bubble warna putih ditambah dengan tatakan kayu sebagai alas akan menjadi pilihan yang pas.

Bunga Artifisial

Untuk para ibu rumah tangga penyuka pernak-pernik dekorasi rumah, sepertinya bunga artifisial atau bunga hias palsu sudah menjadi pilihan wajib sebagai salah satu item dekorasi rumah. Terlebih untuk ibu-ibu kantoran yang sibuk, jarang ada di rumah dan tidak memiliki banyak waktu untuk merawat bunga hidup.

Selain memberikan kesan cantik pada meja, bunga artifisial ini memiliki keunggulan tersendiri daripada bunga hidup, yakni: lebih awet, perawatan lebih mudah, harga relatif lebih murah serta aman dan cocok berada di ruangan apapun tanpa takut bunga tersebut mati. Jadi, bunga artifisial ini dapat menjadi pilihan yang sangat tepat untuk ditata pada meja perapian.

Standing Calendar

Kalender duduk dapat menjadi salah satu hiasan yang cocok ditata pada meja perapian, selain berfungi untuk mempermudah kita melihat tanggal, kalender duduk dapat menjadi pajangan yang cantik, apalagi dengan desain yang estetik.

Kaktus Sukulen Palsu

Sama seperti bunga artifisial, kaktus sukulen palsu ini memiliki keunggulan daripada kaktus hidup. Dalam segi perawatan lebih mudah karena tidak perlu disiram dan tidak perlu takut kaktus tersebut mati. Bentuknya juga sangat menyerupai kaktus asli. Bagi kalian penyuka dekorasi dengan tema nordic, kaktus sukulen dapat menjadi pilihan tepat untuk ditata pada meja perapian.

Lampu Hias Mini

Lampu hias mini juga tidak kalah cantik untuk ditaruh pada meja perapian. Lampu ini tidak perlu menggunakan listrik, hanya baterai kecil yang dapat diganti. Terdapat berbagai macam desain dari lampu hias, ada kaktus, nanas, flamingo, kerang, lampu vintage, lampu lilin dan lain-lain.

Cermin Hias Estetik

Selain ditaruh pada meja rias, cermin hias juga dapat dijadikan pajangan estetik pada meja perapian. Salah satunya cermin hias beralas kayu yang estetik. Tersedia dalam berbagai bentuk, ada bulat dan irregular (tidak beraturan). Ketebalannya sekitar 3 mm, dengan panjang dan lebar kurang lebih 30 cm.

Bingkai Foto

Bingkai foto juga tidak kalah cantik jika ditaruh pada meja perapian. Selain berfungsi untuk menaruh foto, bingkai foto juga dapat dijadikan sebagai pajangan estetik. Kalian dapat memilih jenis bingkai yang sesuai dengan tema yang kalian inginkan. Jika kalian penyuka dekorasi minimalis tentu saja warna putih dan bahan kayu sudah menjadi pilihan yang wajib.

Standing Dekorasi Besi

Standing dekorasi estetik yang terbuat dari besi ini sangat cocok ditata pada meja perapian. Memberikan kesan elegan dan mahal karena dilapisi dengan cat gold. Bagi kalian penyuka dekorasi dengan vibe mewah, standing dekorasi besi ini menjadi pilihan yang pas. Terdapat dalam beberapa bentuk, seperti daun monster, daun gingko dan juga bulu.

Vas Bunga Kayu dan Dry Flower

Bagi kalian penyuka dekorasi dengan tema bohemian, nordic serta minimalis, vas bunga kayu dan bunga kering wajib dijadikan sebagai pajangan untuk mempercantik meja perapian. Vas bunga ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Biasanya vas bunga ini terbuat dari kayu mahoni. Namun jika kalian ingin menggunakan vas bunga kayu atapun barang-barang yg terbuat dari kayu, maka harus bisa merawat dengan baik.

Barang-barang yang terbuat dari kayu sangat mudah terserang jamur, sehingga membuat tampilannya menjadi kurang cantik. Kalian bisa mencari tips-tips bagaimana merawat barang dekorasi yang terbuat dari kayu melalui artikel ataupun vlog.

So, itu tadi beberapa rekomendasi item yang dapat kalian pajang pada meja perapian. Kalian bisa memadupadankan item-item tersebut sesuai dengan selera kalian. Jika kalian penyuka tema minimalis estetik maka dominasi barang berwarna putih dan kayu sudah tentu menjadi pilihan.  Semoga bermanfat dan terima kasih sudah membaca.

Komentar