Inspirasi Menata Interior Meja Perapian untuk Menyambut Lebaran

Review Novel Harga Sebuah Percaya by Tere Liye

 


Seberapa lama sabar menggenggam untuk percaya pada mimpi-mimpi

Ini dongeng tentang Jim, yang diceritakan sebagai ‘pemuda yang terlalu pengecut untuk melawan takdir hidupnya’.

Bacalah beberapa kisah, resapi cerita-cerita yang mampu telinga dengar, karena ada beberapa pelajaran hidup dari orang yang kita anggap terlalu aneh menerima takdir hidupnya, seperti tokoh lain dalam kisah ini, dengan dongengnnya sendiri– Si Laksamana. Seolah-olah ia menyenangi segala takdir aneh yang harus dijalaninya.

Berikut beberapa kutipan favorit dalam novel tentang tokoh utama yang menurutku sangat wah … wah sekali.

Sayang … semakin Jim berusaha melupakan kenangan, kesedihan itu menghujam semakin dalam menelikung. Mata dan hatinya sempurna mengukir kenangan lama.

Gaya bercerita dalam novel seperti mendengarkan sebuah dongeng pengantar tidur saat kita kecil dahulu. Bedanya, cerita dalam kisah ini tidak cocok dengan anak-anak, melainkan untuk para remaja menuju ke fase dewasa. Aku sangat suka dengan gaya bercerita seperti ini, mengalir, tidak terasa tahu-tahu sudah menuju halaman terakhir.

Dalam novel setebal 298 halaman ini pembaca seolah digiring untuk percaya pada ‘keajaiban’, pada dunia dongeng yang terdengar mustahil. Seperti yang terketik dalam novel perjalanan menemukan ini :

Semua dongeng di dunia ini nyata. Masalahnya semakin lama orang-orang semakin disibukkan akal sehat dan rasio. Dikalahkan oleh rutinitas dan ketakutan akan hidup itu sendiri.

Iya apa iya nih, teman-teman? Apa kamu sekarang tengah disibukkan oleh rutinitas dan ketakutan akan hidupmu?

Duduk sejenak, yuk! Sediakan minuman dan camilan kesukaanmu, jangan lupa ambil satu buku yang ada di dekatmu, duduk dan bacalah. Tidak apa-apa jika yang kamu dapatkan buku lama, karena yang lama belum tentu tanpa makna 😉 Terkadang ada sebaris kalimat atau secuil harapan yang bisa kita kutip dari buku.

Satu harapan kecil bahkan bisa mengubah nasib seluruh dunia.

Mungkin kalimat dari buku yang kamu baca tidak dapat mengubah nasib seluruh dunia, tentu saja tidak akan mengubah seluruh nasib hidupmu. Namun, siapa tahu satu baris kalimat indah dari buku yang kamu baca bisa jadi penghibur, memberi semangat untuk terus percaya pada mimpi-mimpimu.

Kata ‘percaya’ dalam novel ini diulas begitu halus dan indah dalam balutan romantisme yang terdengar sangat picisan, tetapi tidak se-picisan itu, karena setiap kisah cinta punya ciri khas sendiri dan tidak bisa dibandingkan dengan kisah cinta yang lain.

Pecinta sejati tidak akan pernah menyerah sebelum kematian itu sendiri datang menjemput dirinya.

Takdir, baik menyangkut tentang cinta ataupun tentang menggapai mimpi, seyogiyanya hanya perlu dijalani, masalah kita dapat memetik pelajaran atau tidak dari perjalanan takdir, tergantung dari diri kita sendiri.

Sejak dahulu, sejak aku menggemari membaca buku (novel), aku selalu percaya pada mimpi. Menurutku mimpi seperti berkawan dengan doa yang selalu aku panjatkan kepada Pencipta-ku, Allah Swt.

Hadiah besar telah menunggu orang yang percaya hingga detik terakhir.

Seperti kata-kata ini, kata-kata dalam novel ini, kata-kata yang akan menjadi penyemangat kepercayaanku pada kata ‘Mimpi’.

Setiap kali seorang anak manusia memutuskan untuk mewujudkan mimpinya, seluruh semesta bersepakat menunjukkan jalan-jalannya.

 

Written by Mu’ala

 

 

Komentar